Sabtu, 17 Maret 2012

Hukum ikan yg diberi makanan najis


Latar belakang masalah

Ada lele dumbo diberi makan hanya dengan kotoran babi.

Soal   :
  1. lele tersebut menjadi najis mugholadloh apa tidak?
  2. lele tersebut halal dimakan apa tidak?

Jawab:
  1. Tidak menjadi mutanajjis Mugholadloh
  2. Halal
Referensi

Bughiyatul musytarsidin hal 14

(مسئلة ب) الحياض التى تجتمع فيها المياه ويلغ الكلاب فيها بنجسة إن تغيرت فلا يعفى إلاعما لا تعم البلوى به منها فمن أصابه شيئ من ذلك لزمه تسبيعهكما لو قصدها الخراز فوضع فيها الجلود فيلزمه تسبيعها ما تحقق ملاقاته نحو بدنة.

(masalah): Alehiad bahwa itu memenuhi air dan membatalkan anjing yang telah berubah bisnis tidak dibebaskan Benjsh karena tidak terserap oleh momok cedera, itu adalah sesuatu bahwa ia memiliki niat Kharraz Zbeahecma jika ia menempatkan Zbeaha kulit maka ia telah mencapai pertemuannya dengan unta.

Ghoyatu bayan hal 30
المسكر المائع والحنزير * والكلب مع فرعيهما والسور
(والسور) بالهمزة وتبدل واوا البقية أى بقية الكلب والحنزير وفرعيهما كعظم وشعر ودم وبول ودمع وعرق وسائر فضلاتها, إذا ما انفصل من نجس العين فهو نجس.
(termasuk macamnya najis) adalah barang cair yang memabukkan,celeng,anjing beserta keturunannya serta as-sur.                                                                                                                          (as-sur)dengan hamzah yg diganti wawu .yg dimaksud adalah sisa sisa dari anjing dan celeng seperti tulang rambut,darah ,kencing,keringat dan kotoran lainnya.dengsn dasar bahwa apa apa yang terpisah dari barang yang najis adalah najis juga.                                                                                       

 Bulughul marom hal 14

وعن إبن عمر رضى الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:" أحلت لنا ميتتان ودمان, فأم الميتتان فالجراد والحوت وأما الدمان فالكبدl والطحال".

Dari sahabat abdulah bin umar beliau berkata bahwasannya rosululloh saw.bersabda;dihalalkan bagi kami dua bangkai dan dua darah.adapun dua bangkai tsbt adalah bangkai belalang dan ikan sedangkan dua darah adalah hati dan limpa.

Ghoyatu bayan hal 30

وصح وعن إبن عمر رضى الله عنه :" أحلت لنا ميتتان ودمان, السمك و الجراد والكبد والطحال". وهو فى حكم المرفوع بل رفعه إبن ماجة وغيره لكن بسند ضعيف.
Dan sohih ,hadist yang diriwayatkan abd.bin umar .ra;dihalalkan untuk kita dua bangkai dan dua darah,yaitu bangkai ikan dan belalang serta hati dan limpa.hadist tsbt dalam hokum hadist marfu juga telah memarfukan hadist tsbt ibnu majah dan yg lain tapi sanadnya lemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar