Sabtu, 17 Maret 2012

Hukum silaturahim lewat HP


   Silaturrohim lewat HP

Latar belakang masalah

Dewasa ini dengan perkembangan alat alat komunikasi yang canggih seperti, telphon, internet, hp, sehingga bisa berbicara, bisa surat menyurat dengan alat tersebut.

Soal:

a. Komunikasi dengan alat tersebut termasuk silatur rahim apa tidak?

Jawab:

a. Termasuk silatur rahim

Referensi

Subulus salam
صلة الرحم وهى كناية عن الإحسان إلى الأقربين من ذوى النسب والإصهار والتعطف عليهم والرفق بهم والرعاية لأحوالهم زكذلك إن تعدوا أو أسائوا وضد ذلك قطعية الرحم.
ثم الصلة الرحم كما قال القاض عياض:" درجات بعضها أرفع من بعض وأدناها ترك المهاجرة وصلتها بالكلام ولو بالسلام ويختلف ذلك باختلاف القدرة والحاجة فمنها واجب ومنها مستحب, فلو وصل بعض الصلة ولم يصل غايتها لم يسم قاطعا ولو قصر عما يقدر عليه وينبغى لم يسم واصلا".
Silatur rahm adalah sebuah kinayah (lambing kata)dari sebuah kebaikan kepada sanak kerabat yang ada hubungan nasab,atau  pertalian perkawinan dan sikap halus dan lembut kepada mereka, serta menjaga keadaan mereka begitu juga  sekalipun apabila mereka memusuhi dan berbuat jelek terhadapnya.. Dan kebalikannya adalah qati’atul rahim (memutus tali kekerabatan).
Kemudian silatur rahm, sebagaimana yang dikatakan oleh al-Qadli Iyadl  ‘ada: Beberapa derajat sebagian dari silatur rahm itu lebih tinggi dari sebagian yang lain, dan yang paling rendah dari derajat-derajat itu adalah tidak melakukan tahjir (jutha’an), dan menyambungnya dengan ucapan walaupun dengan salam,perbedaan cara silaturahim disesuaikan kondisi kemampuan dan kebutuhan masing-masing. Sebagian ada yang wajib dan sebagian yang lain ada yang sunnah. Apabila sebagian menyambung tali persaudaraan dan ia tidak menyambung dengan yang paling maksimal maka dia tidak dinamakan memutus akan tetapi apabila dia lalai dari melakukan perkara yang patut ia lakukan dan dia sanggup melakukannya makasebaiknya dia tidak dinamakan orang yang menyambung tali persaudaraan.

Tanbihul ghofilin
قال الفقيه رضى الله تعالى عنه: "إذا كان الرجل عند قرابته ولم يكن غائبا عنهم فالواجب عليه أن يصلهم بالهدية وبالزيارة, فإن لم يقدر على الصلة بالمال فاليصلهم بالزيارة والإعانة فى أعمالهم إن احتاجوا, وإن كان غائبا يصلهم بالكتاب إليهم فإن قدر على المسير إليهم كان المسير أفضل".
Berkata al-faqih ra.: Apabila seseorang berada dekat dengan sanak keluarganya dan dia tidak bepergian jauh dari mereka, maka hal wajib yang harus dia lakukan adalah menyambung tali kekerabatan dengan memberi hadiah dan berziarah. Apabila dia tidak mampu menyambung tali persaudaraan dengan harta maka sambunglah dengan berziarah dan membantu pekerjaan mereka apabila mereka membutuhkannya. Apabila dia jauh dari mereka, maka ia menyambungnya dengan menulis surat, apabila dia sanggup bepergian kepada mereka, maka bepergian itu lebih utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar